Civil Engineering BINUS University

Tol pertama di Sulawesi Utara

Dengan Tol ini, Manado-Bitung hanya 30 Menit saja!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer. Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini akan memangkas waktu tempuh dari Manadi ke Bitung dari yang sekitar 90-120 menit menjadi hanya sekitar 30 menit.

Jalan Tol Manado-Bitung didesain dua seksi yaitu, Seksi 1 dari Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sedangkan untuk Seksi 2 dari Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung,

Pembangunan ruas tol ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN), yang bertujuan mendorong pemerataan hasil pembangunan dan mengurangi biaya logistik produk ekspor dari Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung, sebagai pelabuhan ekspor andalan di Provinsi Sulawesi Utara.

Selain itu, keberadaan tol ini juga akan menunjang pengembangan Bitung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Untuk operasi dari jalan Tol ini, Presiden Republik Indonesia, Pak Jokowi menjanjikan akan dimulai pada bulan September 2019.