People Innovation Excellence
 

Bangunan Pelindung Pantai

      Bangunan pelindung pantai adalah bangunan yang digunakan untuk melindungi pantai terhadap kerusakan yang disebabkan oleh serangan gelombang dan arus.

        Berikut ini ada beberapa contoh banguan pelindung pantai:

  1. Groin
    Groin merupakan bangunan struktur pelindung pantai yang dibangun menjorok relatif tegak lurus terhadap arah pantai. Secara umum, material konstruksinya berasal dari kayu, baja, beton, dan batu.
  2. Jetty
    Jetty merupakan bangunan tegak lurus pantai yang diletakkan di kedua sisi muara sungai yang berfungsi untuk mengurangi pendangkalan alur oleh sedimen pantai. Pada penggunaan muara sungai sebagai jalur pelayaran, pengendapan di muara dapat mengganggu lalu lintas kapal. Dengan jetty panjang tranport sedimen sepanjang pantai dapat tertahan dan pada alur pelayaran, kondisi gelombang tidak pecah sehingga memungkinkan kapal untuk masuk ke muara sungai.
  3. Breakwater
    Breakwater atau pemecah gelombang merupakan struktur yang dibuat sejajar dengan garis pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai. Pemecah gelombang dibangun sebagai salah satu bentuk perlindungan pantai terhadap erosi dengan menghancurkan energi gelombang tersebut sebelum sampai ke garis pantai. Breakwater berfungsi untuk melindungi pantai yang berada dibelakangnya dari serangan gelombang yang dapat mengakibatkan erosi pada pantai.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close