Civil Engineering BINUS University

Civil Tour – Day 1

Kegiatan studi banding dan site visit sudah sering diadakan oleh HIMTES BINUS. Namun kali ini ada yang berbeda yaitu Civil Tour Goes to Bandung dimana acara ini menggabungkan kedua kegiatan tersebut dengan lokasi di luar wilayah JABODETABEK. Dimana HIMTES BINUS mengunjungi Bendungan Jatiluhur sebagai lokasi site visit dan Institut Teknologi Bandung sebagai sumber untuk studi banding kali ini. Acara ini dilaksanakan pada Kamis, 22 November 2018 sampai Jumat, 23 November 2018 dengan jumlah 81 peserta bersama 2 dosen.

Pada kamis pagi seluruh panitia, peserta dan dosen berkumpul diKampus Anggrek untuk segera berangkat menuju Bendungan Jatiluhur. Memakan waktu sekitar 3 jam untuk sampai di bendungan Jatiluhur akibat kondisi jalan yang cukup padat. Dalam bendungan Jatiluhur ada 2 tempat yang dijadikan sebagai lokasi site visit yaitu, morning glory dan PLTA.

Dipandu oleh pihak HUMAS Jasa Tirta II mahasiswa BINUS dapat memasuki area morning glory dan diberikan penjelasan mengenai tipe rockfill yang digunakan pada bendungan dan fungsi dari bendungan yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan 6 unit turbin yang terpasang dan sebagai penyedia air untuk irigasi.