Civil Engineering BINUS University

Tiga Jurusan FT Binus Raih Akreditasi Internasional ABET

Kabar Kampus memuat artikel mengenai akreditasi ABET yang berhasil di raih Teknik Sipil Binus University.

http://kabarkampus.com/2015/09/tiga-jurusan-ft-binus-raih-akreditasi-internasional-abet/

Berikut kutipan artikel tersebut oleh  ahmad fauzan

JAKARTA, KabarKampus – Kabar gembira datang dari Binus University. Tiga jurusan di Fakultas Teknik Binus University meraih akreditasi internasional dari komisi akreditasi engineering tingkat dunia The Engineering Accreditation Commission (EAC) of ABET.

Ketiganya adalah Teknik Industri, Sistem Komputer dan Teknik Sipil.  Diraihnya akreditasi ini membuktikan ketiga jurusan tersebut diakui secara internasional.

Ketut Gita Ayu, M.S.I.E., Ketua Jurusan Teknik Industri periode 2008-2016 mengatakan, dengan akreditasi internasional yang telah diraih ini, para lulusan Teknik Sipil, Teknik Industri dan Teknik Sipil Binus University semakin memiliki peluang yang lebih besar lagi untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri ataupun berkarir di manca Negara, khususnya di Amerika.

“Hal ini karena perusahaan top di Amerika menerima lulusan yang berasal dari lembaga yang terakreditasi ABET,” kata Gita yang juga yang juga bertanggung jawab dalam persiapan Akreditasi ABET bagi program studi Teknik Industri Binus University.

Sementara itu, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM, Rektor Binus University merasa bersyukur dan berterima kasih atas kerjasama yang baik dari tim dosen, mahasiswa dan rekan industri sehingga jurusan Teknik Industri, Teknik Sipil dan Sistem Komputer berhasil meraih akreditasi internasional. Menurutnya, akreditasi ini menjadi salah satu indikator penting dalam proses pencapaian visi BINUS 20/20, “A World-class University”.

Selanjutnya, Irpan Hidayat, ST, MT, Ketua Jurusan Teknik Sipil dan Komputer Binus University merupakan satu satunya kampus swasta di Indonesia yang memperoleh akreditasi ini. “Bahkan di antara perguruan tinggi negeri pun, BINUS UNIVERSITY yang lebih dahulu mendapatkan akreditasi ini untuk jurusan Teknik Sipil dan Sistem Komputer,” ungkap Irpan.

ABET merupakan badan akreditasi non-profit dan non pemerintah yang berpusat di Amerika yang mengakreditasi program perguruan tinggi dan universitas di disiplin ilmu terapan, komputasi, engineering dan engineering technology untuk tingkat asosiasi, sarjana, dan gelar master. Dengan akreditasi ABET ini, mahasiswa, pengusaha, dan masyarakat dapat yakin bahwa program memenuhi standar kualitas yang menghasilkan lulusan siap memasuki dunia kerja global.