People Innovation Excellence

Site Visit at Brooklyn SOHO & Apartment – Alam Sutera, Tangerang

Pada tanggal 18 maret 2014 Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HIMTES) mengadakan kunjungan proyek ke Apartment Brooklyn di wilayah Alam Sutera Boulevard. Kunjungan proyek kali ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses awal suatu gedung itu dibangun, bagaimana proses pembuatan pondasinya dan bagaimana cara pengurukan tanahnya. Nama proyek itu sendiri adalah “BROOKLYN SOHO AND APARTMENT” dan proyek ini di emban oleh PT. Waskita selaku kontraktor dan PT. Limajabat Jaya selaku konsultan perencana. Waktu pelaksanaannya sendiri di buat selama 22 bulan kalender atau 1 tahun 10 bulan dengan masa pemeliharaan selama 365 hari. Arti kata dari SOHO itu sendiri adalah Small Office Home Office  yang artinya dari lantai 4 sampai dengan lantai 9 akan dibuatkan ruang untuk rumah kantor sedangkan lantai 10 sampai dengan lantai 27 akan dibuat untuk Apartment.

Acara dimulai dengan berkumpul di Binus Anggrek pada pada jam 07.00 WIB. Lalu kami berangkat diantar oleh bus dan sampai proyek pada jam 08.30 WIB. Lalu sesaat kami datang kami di sambut dengan ramah dan di bawa masuk kedepan proyek lalu di kumpulkan untuk mendengarkan beberapa pengarahan dari Bapak Ir. Budi Jaya Iriana selaku kontraktor dari PT. Waskita. Lalu tepat jam 10 pagi PT. Waskita memberikan presentasi mengenai proyek Apartment Soho tersebut. Dijelaskan bahwa pekerjaan pondasinya sendiri menggunakan pondasi bore pile @ 100 cm dengan jumlah 405 titik. Sedangkan soldier pile @ 80 cm dengan jumlah 455 titik. Diluar tower terdapat raft pondasi setebal 1 meter dan rencananya PT. Waskita akan membuat basement 3 lantai dibawah tanah.

Kami juga kedatangan dosen kami selaku dosen Bina Nusantara University yang mengajar matakuliah Konstruksi, Alat Berat dan Manajemen Pekerjaan Konstruksi (MPK) yaitu Bapak Ir. Yohanes dan beliau pun memberikan arahan kepada kami bagaimana suatu proses konstruksi itu berjalan. Lalu setelah presentasi selesai kami mengadakan tanya jawab yang dilakukan oleh pihak PT. Waskita dengan para mahasiswa yang hadir. Dan setelah sesi tanya jawab selesai kamu pun diajak untuk melihat lihat bagaimana proses kerja dari proyek itu sendiri. Kami berkeliling untuk melihat bagaimana proses pemasangan bore pile dan mengetahui mengapa harus bore pile yang dipakai dalam proyek tersebut mengapa tidak tiang pancang? Jawabannya adalah, jika menggunakan tiang pancang akan sangat mengganggu warga sekitar apartement karena akan ada polusi suara dan getaran di wilayah tersebut. Juga setelah itu kami diajak melihat-lihat alat-alat berat yang dipakai untuk proses konstruksi diantaranya ada tower crane dan lainya.

IMG_2649Gambar Pak Ir. Budi Jaya Iriana memberikan penjelasan ke Mahasiswa Teknik Sipil – BINUS University

Acara site visit ini berakhir pada pukul 13.00 WIB. Diakhiri dengan foto bersama dan pemberian plakat dari Universitas Bina Nusantara kepada pihak PT. Waskita. Lalu selepas makan siang kamipun bergegas untuk kembali lagi ke kampus dan sampai di Kampus Anggrek pada pukul 14.30 WIB.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close