People Innovation Excellence

Modified Bolotin Method untuk Mencari Frekuensi Alami Pelat Dua Pengaku dengan Perletakan Semirigid

 ABSTRACT

Banyak metode yang membahas tentang pencarian frekuensi alami pelat, tetapi itu hanya terbatas pada pelat dengan perletakan sendi pada keempat sisinya. Metode-metode itu pun memerlukan cara penyelesaian yang panjang dan rumit. Lalu bagaimana cara mencari frekuensi alami dari pelat yang perletakan di keempat sisinya bukan sendi? Dalam paper ini akan dibahas cara mencari frekuensi alami pelat yang memiliki perletakan semirigid di keempat sisinya. Pelat yang akan dicari frekuensi alaminya dalam penelitian ini, diasumsikan sebagai pelat tipis persegi panjang dengan ketebalan konstan yang bersifat elastis linier, homogen, dan orthotropik. Pelat diberi dua buah pengaku berupa balok anak pada salah satu arah sumbunya. Frekuensi alami pelat dan eigen vector diselesaikan dengan menggunakan Modified Bolotin Method. Penggunaan Modified Bolotin Method ini dapat mempermudah perhitungan frekuensi alami dari pelat dengan perletakan semirigid di semua sisinya. Untuk proses perhitungan numerik dapat diselesaikan denngan bantuan Microsoft Excel 2003 dan Mathematica 5.2.

Kata kunci : Modified Bolotin Method, Perletakan Semirigid


Published at : Updated
Written By
Meilani
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close